Siapa yang tidak mengenal laptop? Alat elektronik yang satu ini sudah menjadi kebutuhan bagi banyak orang. Selain sebagai sarana untuk bekerja, laptop juga sering dimanfaatkan sebagai media hiburan. Namun, tentu saja, agar laptop dapat berfungsi dengan baik, salah satu yang harus diperhatikan adalah baterainya. Baterai laptop berapa mAh yang dibutuhkan?

Mah adalah Satuan Kapasitas Baterai Laptop

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai baterai laptop berapa mAh, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu mAh. mAh adalah satuan kapasitas baterai laptop. Semakin besar kapasitas baterai, semakin lama laptop dapat digunakan tanpa perlu diisi daya. Namun, semakin besar kapasitas baterai, semakin berat pula laptop tersebut.

Baterai laptop yang memiliki kapasitas 3000 – 4000 mAh sudah dianggap lumayan besar. Namun, saat ini, banyak baterai laptop yang memiliki kapasitas lebih dari 4000 mAh.

Perlu Menyesuaikan Kapasitas Baterai dengan Kebutuhan

Memilih baterai laptop berkapasitas besar memang sangat baik. Namun, hal tersebut tidak selalu cocok untuk semua orang. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Ada yang hanya menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas ringan, seperti mengetik dan browsing, ada juga yang menggunakan laptop untuk menjalankan aplikasi berat dan game.

Bagi mereka yang hanya menggunakan laptop untuk tugas ringan, memilih baterai laptop berkapasitas kecil sudah cukup. Selain lebih ringan, harga baterai laptop yang kecil juga lebih murah. Namun, bagi mereka yang sering menggunakan laptop untuk menjalankan aplikasi berat dan game, memilih baterai laptop berkapasitas besar adalah keputusan yang tepat.

Baterai Laptop Original atau Baterai Laptop KW?

Banyak orang yang memilih baterai laptop KW karena harganya yang lebih murah. Namun, apakah baterai laptop KW aman digunakan? Tentu saja tidak. Baterai KW tidak memiliki jaminan kualitas dan keamanan seperti baterai original. Selain itu, baterai KW juga tidak memiliki kapasitas yang besar. Sehingga, jika digunakan untuk menjalankan aplikasi berat dan game, baterai KW akan lebih cepat habis dibandingkan dengan baterai original.

Jadi, sebaiknya memilih baterai laptop original meski harganya lebih mahal. Selain aman digunakan, baterai original juga memiliki kapasitas yang besar sehingga dapat digunakan untuk waktu yang lama.

Cara Merawat Baterai Laptop agar Awet

Meski memilih baterai laptop yang berkualitas sudah sangat penting, namun merawat baterai laptop juga tidak kalah pentingnya. Berikut ini adalah beberapa cara merawat baterai laptop agar awet:

  • Isi daya baterai laptop ketika baterai sudah mencapai 20 – 30 persen.
  • Jangan melebihi kapasitas baterai laptop.
  • Aktifkan mode hemat daya pada laptop.
  • Jangan membiarkan laptop terlalu lama dalam keadaan mati.
  • Jangan membiarkan laptop dalam keadaan terlalu panas.

Dengan merawat baterai laptop dengan baik, maka baterai laptop akan lebih awet dan tahan lama.

Kesimpulan

Baterai laptop berapa mAh yang dibutuhkan? Jawabannya tergantung pada kebutuhan masing-masing orang. Untuk tugas ringan, memilih baterai laptop berkapasitas kecil sudah cukup. Namun, untuk menjalankan aplikasi berat dan game, memilih baterai laptop berkapasitas besar adalah keputusan yang tepat. Selain itu, memilih baterai laptop original meski harganya lebih mahal juga sangat penting untuk keamanan dan kualitas baterai. Terakhir, merawat baterai laptop dengan baik juga sangat penting agar baterai laptop lebih awet dan tahan lama.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *