Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi Windows 10

Baterai laptop yang tidak mengisi saat sedang di-charge merupakan masalah umum yang sering dihadapi oleh banyak pengguna laptop. Hal ini dapat terjadi pada sistem operasi Windows 10, terlepas dari merek atau tipe laptop yang digunakan. Masalah ini sangat menjengkelkan karena baterai laptop menjadi tidak berguna jika tidak bisa mengisi daya.

Penyebab Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat di-charge

Berikut adalah beberapa penyebab baterai laptop yang tidak mengisi saat di-charge:

1. Kabel Charger Rusak

Kabel charger yang rusak atau tidak berfungsi dengan baik dapat menjadi penyebab utama baterai laptop yang tidak mengisi saat di-charge. Hal ini biasanya disebabkan oleh kabel yang sudah tua atau sering ditekuk sehingga mengalami kerusakan pada bagian tertentu.

2. Adaptor AC Rusak

Adaptor AC yang rusak dapat menyebabkan baterai laptop tidak mengisi saat di-charge. Ini disebabkan karena adaptor AC memainkan peran penting dalam mengatur aliran listrik ke baterai laptop.

3. Baterai Laptop Rusak

Salah satu penyebab utama baterai laptop yang tidak mengisi saat di-charge adalah baterai itu sendiri yang rusak. Kinerja baterai laptop yang buruk dapat menghambat proses pengisian daya dan memperlambat waktu pemakaian baterai.

4. Overheating

Overheating dapat menjadi penyebab lain dari baterai laptop yang tidak mengisi saat di-charge. Saat laptop terlalu panas, itu dapat mempengaruhi kinerja baterai dan menghambat proses pengisian daya.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Tidak Mengisi Saat di-charge

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi baterai laptop yang tidak mengisi saat di-charge:

1. Ganti Kabel Charger

Jika kabel charger rusak, gantilah dengan yang baru. Pastikan untuk memilih kabel charger yang sesuai dengan merek dan tipe laptop Anda.

2. Ganti Adaptor AC

Jika adaptor AC rusak, gantilah dengan yang baru. Pastikan untuk memilih adaptor AC yang cocok dengan merek dan tipe laptop Anda.

3. Ganti Baterai Laptop

Jika baterai laptop rusak, gantilah dengan yang baru. Pastikan untuk memilih baterai laptop yang cocok dengan merek dan tipe laptop Anda.

4. Jangan Gunakan Laptop Saat di-charge

Menggunakan laptop saat di-charge dapat menyebabkan overheating dan mempengaruhi kinerja baterai. Sebaiknya matikan laptop saat di-charge dan biarkan baterai mengisi sepenuhnya.

Kesimpulan

Baterai laptop yang tidak mengisi saat di-charge dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kabel charger rusak, adaptor AC rusak, baterai laptop rusak, dan overheating. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengganti kabel charger, adaptor AC, atau baterai laptop yang rusak. Selain itu, hindari menggunakan laptop saat di-charge untuk mencegah overheating dan memperpanjang umur baterai laptop.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *