Baterai Laptop Plugged In Charging Tapi Tidak Mengisi Windows 7

Apakah Anda mengalami masalah dengan baterai laptop Anda? Anda membiarkannya terhubung ke adaptor listrik untuk mengisi daya, tapi baterai tidak terisi. Hal ini dapat sangat menjengkelkan, terutama jika Anda membutuhkan laptop untuk bekerja atau bermain game. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa alasan mengapa hal ini terjadi dan bagaimana Anda dapat memperbaikinya.

Alasan Mengapa Baterai Laptop Tidak Terisi Ketika Plugged In Charging

Ada beberapa alasan mengapa baterai laptop Anda tidak terisi ketika Anda membiarkannya terhubung ke adaptor listrik. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab:

1. Adaptor Listrik Rusak

Mungkin saja adaptor listrik yang Anda gunakan rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan baterai laptop tidak terisi meskipun sudah terhubung ke adaptor listrik. Untuk memastikan apakah masalahnya adalah adaptor listrik, cobalah untuk menggunakan adaptor listrik yang berbeda dan lihat apakah baterai Anda terisi atau tidak.

2. Kabel Penghubung Antara Adaptor Listrik dan Laptop Rusak

Kabel penghubung antara adaptor listrik dan laptop juga dapat rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan baterai laptop tidak terisi meskipun sudah terhubung ke adaptor listrik. Cobalah untuk menggunakan kabel penghubung yang berbeda dan lihat apakah baterai Anda terisi atau tidak.

3. Baterai Sudah Tua

Baterai laptop Anda mungkin sudah terlalu tua dan perlu diganti. Jika baterai sudah terlalu tua, maka kemampuan baterai untuk menampung daya akan menurun. Hal ini dapat menyebabkan baterai laptop tidak terisi meskipun sudah terhubung ke adaptor listrik. Cobalah untuk mengganti baterai laptop Anda dan lihat apakah masalahnya teratasi.

4. Overheating

Jika laptop Anda terlalu panas, maka baterai laptop tidak dapat terisi. Hal ini karena suhu yang terlalu tinggi dapat merusak baterai. Pastikan laptop Anda tidak terlalu panas ketika Anda menggunakannya. Anda juga dapat menggunakan pendingin laptop untuk membantu menurunkan suhu laptop.

5. Masalah pada Driver Laptop

Masalah pada driver laptop juga dapat menyebabkan baterai laptop tidak terisi meskipun sudah terhubung ke adaptor listrik. Cobalah untuk memperbarui driver laptop Anda atau menginstal driver yang baru dan lihat apakah masalahnya teratasi.

Cara Memperbaiki Baterai Laptop yang Tidak Terisi Ketika Plugged In Charging

Jika Anda mengalami masalah dengan baterai laptop yang tidak terisi ketika Anda membiarkannya terhubung ke adaptor listrik, berikut adalah beberapa cara untuk memperbaikinya:

1. Periksa Adaptor Listrik dan Kabel Penghubung

Periksa adaptor listrik dan kabel penghubung antara adaptor listrik dan laptop. Pastikan bahwa keduanya tidak rusak dan berfungsi dengan baik. Jika ada masalah dengan adaptor listrik atau kabel penghubung, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru.

2. Ganti Baterai Laptop

Jika baterai laptop Anda sudah terlalu tua dan tidak dapat menampung daya dengan baik, cobalah untuk menggantinya dengan yang baru. Pastikan untuk membeli baterai yang sesuai dengan laptop Anda.

3. Perbarui atau Instal Driver Laptop

Cobalah untuk memperbarui driver laptop Anda atau menginstal driver yang baru. Ini dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan driver laptop.

4. Gunakan Pendingin Laptop

Jika laptop Anda terlalu panas, cobalah untuk menggunakan pendingin laptop. Ini dapat membantu menurunkan suhu laptop dan mencegah kerusakan pada baterai.

Kesimpulan

Jika baterai laptop Anda tidak terisi ketika Anda membiarkannya terhubung ke adaptor listrik, ada beberapa alasan mengapa hal ini terjadi. Adaptor listrik atau kabel penghubung yang rusak, baterai yang sudah terlalu tua, overheating, atau masalah pada driver laptop dapat menjadi penyebabnya. Cobalah untuk memperbaiki masalah dengan cara yang telah dijelaskan di atas. Jangan ragu untuk membawa laptop Anda ke teknisi komputer jika masalahnya tidak teratasi.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *