Jika Anda memiliki laptop Toshiba yang mengalami kerusakan pada LCD, tidak perlu khawatir karena Anda dapat memperbaikinya sendiri. Namun, sebelum memulai, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang teknologi dan komputer serta alat yang diperlukan untuk membongkar laptop.

Langkah Pertama: Matikan Laptop

Sebelum memulai membongkar laptop Toshiba, pastikan laptop dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan sumber daya listrik. Hal ini untuk menghindari risiko korsleting atau bahaya listrik yang dapat membahayakan Anda.

Baca juga :

Langkah Kedua: Lepaskan Baterai dan Aksesori Tambahan

Setelah mematikan laptop, lepaskan baterai dan aksesori tambahan seperti mouse, headphone, dan perangkat lain yang terhubung dengan laptop Toshiba. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam membongkar laptop dan mencegah kerusakan saat membuka casing.

Langkah Ketiga: Buka Casing Laptop

Sekarang, mulailah membuka casing laptop Toshiba dengan hati-hati. Periksa terlebih dahulu apakah ada sekrup yang perlu dilepaskan atau tidak. Setelah itu, gunakan alat pembuka casing laptop seperti obeng atau pengupas kabel untuk membuka casing laptop secara perlahan.

Langkah Keempat: Lepaskan Kabel LCD

Setelah casing laptop terbuka, cari kabel LCD yang terhubung dengan motherboard dan lepaskan kabel tersebut. Pastikan untuk melakukannya dengan hati-hati dan jangan menarik dengan keras karena dapat merusak kabel tersebut.

Langkah Kelima: Lepaskan LCD

Sekarang, Anda dapat melepaskan LCD dari casing dengan hati-hati. Pastikan untuk tidak merusak kabel LCD atau motherboard saat melakukannya.

Langkah Keenam: Pasang LCD Baru

Setelah berhasil membongkar LCD laptop Toshiba, Anda dapat memasang LCD baru. Pastikan untuk memasang kabel LCD dengan benar dan memperbaiki casing laptop dengan hati-hati.

Langkah Ketujuh: Uji Coba Laptop

Setelah semua selesai, colokkan kembali baterai dan sumber daya listrik ke laptop Toshiba Anda. Nyalakan laptop dan periksa apakah LCD sudah berfungsi dengan baik atau tidak. Jika masih bermasalah, pastikan untuk memeriksa kembali kabel LCD dan hubungannya dengan motherboard.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memperbaiki kerusakan LCD laptop Toshiba sendiri tanpa harus membawa ke tukang servis dan dapat menghemat biaya perbaikan. Namun, jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki keterampilan teknis yang cukup, lebih baik membawa ke tukang servis terdekat untuk memperbaikinya.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *