Cara Keluar Dari Bios Laptop Asus

BIOS (Basic Input/Output System) adalah program firmware pada motherboard yang bertanggung jawab untuk mengontrol perangkat keras sebelum sistem operasi dimulai. BIOS dapat dikonfigurasi untuk memodifikasi pengaturan hardware dan boot order.

Bagi pengguna laptop Asus, terkadang mereka mengalami kesulitan dalam keluar dari BIOS. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk keluar dari BIOS pada laptop Asus.

Cara Keluar dari BIOS Laptop Asus dengan Tombol Keluar

Cara pertama untuk keluar dari BIOS pada laptop Asus adalah dengan menekan tombol keluar. Tombol keluar pada keyboard pada umumnya berada di samping tombol power.

Untuk keluar dari BIOS, cukup tekan tombol keluar hingga tampilan BIOS tertutup dan layar memperlihatkan tampilan booting sistem operasi. Apabila tidak berhasil, maka coba lakukan cara kedua ini.

Cara Keluar dari BIOS Laptop Asus dengan Menyimpan Pengaturan

Cara kedua untuk keluar dari BIOS pada laptop Asus adalah dengan menyimpan pengaturan. Caranya adalah dengan mengubah pengaturan boot order pada BIOS dan menyimpan pengaturannya.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol F2 atau DEL saat laptop Asus dihidupkan.
  2. Pada menu BIOS, pilih tab Boot.
  3. Pada opsi Boot Option Priorities, pilih boot drive yang diinginkan untuk pertama kali booting. Biasanya hard drive internal.
  4. Setelah itu, simpan pengaturan dengan menekan tombol F10 dan pilih Yes untuk menyimpan perubahan.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, laptop Asus akan booting dari drive yang telah diatur pada pengaturan boot order. Pada saat booting, tekan tombol keluar hingga tampilan BIOS tertutup dan layar memperlihatkan tampilan booting sistem operasi.

Cara Keluar dari BIOS Laptop Asus dengan Mengembalikan Pengaturan Awal

Jika kedua cara sebelumnya tidak berhasil, maka cara terakhir adalah dengan mengembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan awal pabrik. Hal ini dapat dilakukan dengan me-reset BIOS.

Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Matikan laptop Asus.
  2. Saat laptop dihidupkan, tekan tombol F2 atau DEL secara bersamaan hingga tampil BIOS.
  3. Pilih menu Exit pada bar atas BIOS.
  4. Pilih opsi Load Setup Defaults dan simpan pengaturan dengan menekan tombol F10 dan pilih Yes untuk menyimpan perubahan.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, BIOS pada laptop Asus akan kembali ke pengaturan awal pabrik. Lakukan restart pada laptop Asus dan BIOS akan keluar secara otomatis.

Kesimpulan

Keluar dari BIOS pada laptop Asus dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti dengan menekan tombol keluar, menyimpan pengaturan boot order, atau mengembalikan pengaturan BIOS ke pengaturan awal pabrik. Dengan mengetahui cara-cara ini, pengguna laptop Asus dapat keluar dari BIOS dengan mudah.

2/5 - (1 vote)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *