Kipas Pendingin Laptop

Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penggunaan laptop dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan laptop menjadi panas. Oleh karena itu, diperlukan kipas pendingin laptop agar laptop tetap dingin dan terhindar dari kerusakan. Pada artikel ini, kami akan memberikan cara membuat kipas pendingin laptop dengan mudah.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat kipas pendingin laptop, ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan, di antaranya:

  • Kipas angin mini USB
  • Besi aluminium
  • Lem tembak
  • Pisau cutter
  • Penggaris

2. Membuat Lubang pada Besi Aluminium

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat lubang pada besi aluminium. Lubang ini nantinya akan digunakan untuk memasukkan kipas angin mini USB. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan pisau cutter dan penggaris untuk membuat lubang pada besi aluminium. Pastikan ukuran lubang yang dibuat sesuai dengan ukuran kipas angin mini USB yang akan digunakan.

3. Melekatkan Kipas Angin Mini USB pada Besi Aluminium

Setelah membuat lubang pada besi aluminium, selanjutnya adalah melekatkan kipas angin mini USB pada besi aluminium. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menggunakan lem tembak. Pastikan kipas angin mini USB terpasang dengan kuat dan tidak mudah lepas.

4. Menempatkan Kipas Pendingin Laptop

Setelah kipas angin mini USB terpasang pada besi aluminium, selanjutnya adalah menempatkan kipas pendingin laptop tersebut. Caranya cukup mudah, yaitu dengan meletakkan kipas pendingin laptop pada bagian bawah laptop. Pastikan kipas angin mini USB menghadap ke arah bawah dan besi aluminium menghadap ke atas untuk memberikan ruang udara yang cukup untuk sirkulasi udara yang baik.

5. Menghubungkan Kipas Angin Mini USB ke Laptop

Setelah kipas pendingin laptop ditempatkan dengan benar, selanjutnya adalah menghubungkan kipas angin mini USB ke laptop. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencolokkan kabel USB yang terdapat pada kipas angin mini USB ke port USB pada laptop. Pastikan kabel USB terhubung dengan baik untuk menghindari kipas angin mini USB mati saat digunakan.

6. Menghidupkan Kipas Pendingin Laptop

Setelah semua langkah di atas selesai dilakukan, selanjutnya adalah menghidupkan kipas pendingin laptop. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power pada kipas angin mini USB. Pastikan kipas angin mini USB berputar dengan lancar dan menghasilkan angin yang cukup kuat untuk mendinginkan laptop.

Dengan cara membuat kipas pendingin laptop di atas, kamu bisa membuat kipas pendingin laptop sendiri dengan mudah dan hemat biaya. Selain itu, kipas pendingin laptop yang kamu buat sendiri juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kamu sendiri.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *