​Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar. – Saat mencari pekerjaan, Anda akan menemukan banyak sekali tipe surat lamaran kerja. Ada yang sederhana, ada yang berisi daftar riwayat hidup, dan ada pula yang berisi essai singkat. Nah, bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dapat diterima oleh perusahaan?

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam membuat surat lamaran kerja, di antaranya:

Mencantumkan Nomor dan Email

Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon dan alamat email aktif. Karena ketika perusahaan ingin menghubungi Anda, mereka akan mengirimkan pesan melalui alamat email atau SMS ke nomor telepon yang Anda cantumkan.

Baca juga :

Posisi yang Dilamar

Buatlah surat lamaran kerja sesuai dengan posisi yang dilamar. Misalnya, jika Anda melamar sebagai seorang marketing executive, maka buatlah surat lamaran kerja yang menunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan di bidang marketing.

Pendidikan dan Pengalaman kerja

Jelaskan secara rinci mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja yang Anda miliki. Untuk latar belakang pendidikan, cantumkan gelar dan institusi pendidikan dimana Anda menamatkan pendidikan terakhir. Sedangkan untuk pengalaman kerja, cantumkan nama dan alamat perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya, serta tanggal mulai dan berakhir kerja di perusahaan tersebut.

Mencantumkan Bahasa Asing yang Di kuasai

Tunjukkan bahwa Anda memiliki kemampuan berbahasa asing dengan mencantumkan bahasa asing yang Anda kuasai dan tingkat kemampuan berbahasa asing tersebut (beginner, intermediate atau advanced). Jika Anda memiliki sertifikat kemampuan berbahasa asing, sebaiknya lampirkan juga sertifikat tersebut agar perusahaan lebih meyakini bahwa Anda benar-benar kuasai bahasa asing tersebut.

Informasi Keahlian Khusus

Tambahkan informasi lain yang Anda anggap penting untuk diketahui perusahaan, seperti spesialisasi atau keahlian khusus yang Anda miliki. Hal ini akan membuat surat lamaran kerja Anda semakin komplet dan menarik perhatian perusahaan.

Font yang Mudah Dibaca

Tulislah surat lamaran kerja dengan font yang mudah dibaca dan warna font yang netral (hitam atau cokelat). Jangan gunakan font yang unik atau sulit dibaca karena hanya akan membuat surat lamaran kerja Anda terlihat aneh dan tidak profesional.

Menanda Tangani Surat Lamaran

Jangan lupa untuk menandatangani surat lamaran kerja sebelum mengirimkannya ke perusahaan tujuan. Hal ini akan memberikan kesan profesional dan serius kepada perusahaan.

Nah, itulah beberapa tips cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar dapat diterima oleh perusahaan tujuan. Selamat mencoba!

Pentingnya Surat Lamaran Kerja yang Baik

​Pentingnya Surat Lamaran Kerja yang Baik

Dalam mendapatkan pekerjaan, selain dari kualifikasi yang dimiliki, surat lamaran kerja pun menjadi faktor penting yang dapat menentukan apakah Anda akan diterima bekerja atau tidak. Oleh karena itu, bagi Anda yang akan melamar kerja, sebaiknya memperhatikan baik-baik bagaimana cara membuat surat lamaran kerja agar diterima oleh perusahaan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja, yaitu:

  1. Judul surat lamaran kerja.
  2. Isi surat lamaran kerja.
  3. Pengaturan font dan spasi.
  4. Panjang surat lamaran kerja.
  5. Penutup surat lamaran kerja.

Berikut ini adalah penjelasan lebih rinci mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja agar diterima oleh perusahaan.

Judul surat lamaran kerja

Pada bagian judul surat lamaran kerja, sebaiknya Anda mencantumkan nama lengkap serta informasi kontak yang dapat dihubungi oleh perusahaan. Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor telepon yang aktif sehingga perusahaan dapat menghubungi Anda dengan mudah apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut mengenai surat lamaran kerja yang Anda buat.

Isi surat lamaran kerja

Setelah judul surat lamaran kerja, berikutnya adalah isi surat lamaran kerja itu sendiri. Dalam isi surat lamaran kerja, sebaiknya Anda menyampaikan dengan jelas informasi mengenai identitas diri, seperti nama lengkap, umur, alamat domisili, dan lain sebagainya. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan informasi tentang pendidikan dan pengalaman kerja yang dimiliki. Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam menentukan apakah Anda cocok untuk bekerja di posisi yang Anda lamar atau tidak.

Pengaturan font dan spasi

Untuk membuat surat lamaran kerja yang baik, selain isi yang jelas dan lengkap, pengaturan font dan spasi juga sangat penting untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan agar surat lamaran kerja terlihat lebih rapi dan profesional. Untuk font, Anda bisa menggunakan Times New Roman atau Arial dengan ukuran 12 atau 14. Sedangkan untuk spasi, sebaiknya 1,5 spasi atau double spacing.

Panjang surat lamaran kerja

Kebanyakan perusahaan hanya akan melihat sekilas isi surat lamaran kerja yang diajukan oleh pelamar kerja. Mereka tidak akan membaca secara detail jika isi surat lamaran kerja terlalu panjang dan bertele-tele. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyampaikan isi surat lamaran kerja dengan singkat dan jelas. Jangan menyertakan informasi yang tidak penting dan tidak perlu untuk diketahui oleh perusahaan.

Penutup surat lamaran kerja.

Bagian penutup surat lamaran kerja juga sangat penting untuk diperhatikan. Dalam bagian penutup surat lamaran kerja, sebaiknya Anda mencantumkan salam penutup yang sopan, misalnya dengan menyertakan “Hormat saya,” atau “Salam,” diikuti dengan nama lengkap Anda. Jangan lupa juga untuk mencantumkan tanda tangan di bawahnya agar surat lamaran kerja Anda terlihat lebih resmi dan profesional.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, maka Anda akan membuat surat lamaran kerja yang baik dan profesional. Hal ini akan membantu Anda dalam mendapatkan pekerjaan impian Anda.

Menyusun Struktur Surat Lamaran Kerja

​Cara membuat surat lamaran kerja bukanlah hal yang sulit. Anda hanya perlu menyusun struktur surat lamaran kerja dengan baik. Pertama, Anda perlu menentukan tujuan dari surat lamaran kerja. Jika Anda ingin melamar kerja di sebuah perusahaan, Anda perlu menyertakan informasi tentang diri Anda sendiri dan menunjukkan seberapa cocok Anda dengan posisi yang Anda lamar. Kedua, Anda perlu menyiapkan CV Anda. CV adalah dokumen penting yang harus Anda sertakan dalam surat lamaran kerja. . Ketiga, Anda perlu menyiapkan daftar referensi. Daftar referensi akan memberikan perusahaan lebih banyak informasi mengenai diri Anda. Daftar referensi juga dapat menunjukkan seberapa kuat hubungan Anda dengan orang lain. Keempat, Anda perlu menyiapkan surat lamaran kerja dengan baik. Surat lamaran kerja haruslah jelas dan mudah dibaca. Anda juga perlu memberikan informasi yang lengkap dan akurat. Jika Anda melakukan hal-hal di atas, Anda akan membuat surat lamaran kerja yang sempurna.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *