Kapasitor Smd Laptop

Jika kamu mengalami masalah pada laptop seperti mati total, tidak bisa charging atau tidak bisa hidup, bisa jadi masalahnya ada pada kapasitor SMD. Kapasitor SMD adalah kapasitor yang terpasang pada PCB (Printed Circuit Board) laptop dan memiliki ukuran yang sangat kecil. Oleh karena itu, untuk mengukur kapasitor SMD membutuhkan alat yang tepat dan teknik yang benar. Berikut ini adalah cara mengukur kapasitor SMD laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah:

1. Persiapan Alat

Sebelum melakukan pengukuran, pastikan kamu sudah menyiapkan alat yang dibutuhkan. Alat yang dibutuhkan antara lain:

  • Multitester digital
  • Pinset atau solder
  • Alcohol atau cairan pembersih PCB

2. Matikan Laptop

Matikan laptop dan lepaskan semua kabel dan baterai dari laptop. Kemudian buka casing laptop dan cari kapasitor SMD yang akan diukur. Kapasitor SMD biasanya terletak di sekitar komponen yang lain dan memiliki ukuran yang sangat kecil.

3. Bersihkan Kapasitor SMD

Setelah menemukan kapasitor SMD, bersihkan kapasitor SMD dengan menggunakan alcohol atau cairan pembersih PCB. Bersihkan kapasitor SMD dengan hati-hati dan jangan sampai tergores atau rusak.

4. Hubungkan Multitester Digital

Setelah kapasitor SMD bersih, hubungkan multitester digital dengan kapasitor SMD. Pastikan multitester digital sudah dalam posisi ohm atau resistance. Kemudian, hubungkan pin positive dari multitester digital ke kapasitor SMD dan pin negative ke ground.

5. Baca Nilai Resistance

Setelah multitester digital terhubung dengan kapasitor SMD, baca nilai resistance yang ditunjukkan oleh multitester digital. Jika kapasitor SMD masih baik, nilai resistance yang ditunjukkan akan berubah secara perlahan. Namun, jika kapasitor SMD rusak, nilai resistance yang ditunjukkan akan tetap pada angka tertentu atau tidak berubah.

6. Ganti Kapasitor SMD

Jika kapasitor SMD rusak, kamu perlu menggantinya dengan kapasitor SMD yang baru. Untuk mengganti kapasitor SMD, gunakan pinset atau solder untuk melepas kapasitor SMD yang rusak. Kemudian, pasang kapasitor SMD yang baru dan pastikan sambungan dengan multitester digital sudah terputus.

Demikianlah cara mengukur kapasitor SMD laptop yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui apakah kapasitor SMD pada laptop kamu masih baik atau sudah rusak. Jangan lupa untuk melakukan pengukuran dengan hati-hati dan menggunakan alat yang tepat. Semoga bermanfaat!

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *