Alasan Game Free Fire Hanya untuk 12 Tahun Keatas

game free fire

Game Free Fire – Free fire atau FF, siapa yang tidak tahu game battle royale besutan dari garena yang terkenal di Indonesia ini. Merupakan salah satu game yang sukses menyita perhatian banyak gamer indonesia bahkan mancanegara.

Siapa sangka, jika ada beberapa negara yang mencekal permainan ini karena konten yang tidak cocok untuk player anak-anak. Lalu berapa umur minimal yang aman dan terbaik untuk bermain game free fire ini dan apa alasannya? Disini sudah kami siapkan informasi terkait untuk membantu anda memahami hal tersebut.

Umur Pemain yang Diperbolehkan untuk Bermain Game Free Fire

Game pada haknya dapat memberikan hiburan kepada para pemainnya dari berbagai kalangan. Tapi beberapa developer game, memberikan age restriction (batasan umur) kepada para pemain. Dan biasanya hal ini dari pengaruh isi konten permainan tersebut salah satunya FF.

Berapa Umur Minimum Bermain Game FF

Free fire adalah game bertemakan battle royale, yang terdapat senjata api dan senjata tajam dalam gamenya, dan ada unsur kekerasan dalam kontennya. Jadi setidaknya pemain harus paham mana yang di game dan mana yang realita.

Selain itu terdapat juga item atau loot box yang memiliki prosedur pembayaran. Memang mengeluarkan uang dalam game adalah salah satu hal yang wajar, tapi tak bisa berlebihan. Sebagian besar kejadian yag terjadi di Indonesia melibatkan game berbayar.

Jadi Garena menetapkan permainan FF dapat anda mainkan jika pemain sudah sesuai atau berumur 12 tahun keatas. Jadi jika ada anak 12 tahun kebawah bermain Free fire yang harusnya untuk 12 tahun keatas, maka beri saran kepada orang tuanya, agar tidak tercipta lingkungan yang toxic.

Mengapa FF Tidak Diperuntukkan Pada Anak dibawah 12 Tahun?

Selain alasan singkat tadi, ternyata terdapat alasan logis lain yang dapat memberikan alasan mengapa permainan ini bukan untuk anak 12 tahun kebawah. Apa saja itu, berikut adalah penjelasannya:

Unsur Kekerasan

Dalam game ini Anda menggunakan senapan serbu untuk menembak lawan di sekitar Anda. Di dunia nyata, Anda tidak dapat menggunakan senjata api tanpa izin tentunya. Ini sangat berbahaya bagi anak kecil untuk bermain dan takut anak kecil meniru.

Karena rasa ingin tahunya sangat tinggi dan ketidaktahuannya, akan jadi sangat berbahaya. Anak kecil ini yang tidak tahu apa-apa selain benar-benar terpapar pada elemen negatif dari permainan ini. Jadi jika Anda benar-benar menirunya, itu akan menjadi masalah besar.

Tingkat Toxic Komunitas yang Cukup Tinggi

Perhatikan usia minimum untuk bermain Game Free Fire dan untuk mencegah toksisitas dalam komunitas. Terkadang anak di bawah umur ini tidak mengerti apa-apa, tetapi mengatakan hal-hal seolah-olah dia tahu segalanya. Anda pasti marah pada pemain yang bermain buruk.

Dengan begitu si kecil bisa menirunya dan mengeluarkan kata-kata lebih cepat. Seperti yang anda ketahui, anak akan meniru apa saja yang orang dewasa katakan yang bahkan tidak tahu apa artinya. Untuk menghindari toxic di antara komunitas, kita harus mencegah anak di bawah umur ini untuk memainkan game Free Fire.

Pencegahan Emosi dan Penyakit Mata

Seperti yang saya katakan sebelumnya, menjadi toxic bisa membuat seseorang marah. Hal ini dapat menyebabkan seseorang kehilangan kendali atas emosinya dan melepaskannya kepada orang lain. Selain perasaan, bermain dalam waktu lama dapat memicu penyakit rabun.

Orang dewasa tahu kapan harus berhenti bermain. Tapi anak ini tidak peduli jika dia lelah, dia terus bermain tanpa henti. Jika anda biarkan begitu saja, dia bisa terkena penyakit mata yang sangat berbahaya.

Inilah Mengapa Free Fire Bukan untuk 12 Tahun Kebawah

Mendatangkan Kemalasan

Saya pasti terlalu malas untuk melakukan sesuatu karena saya terlalu fokus pada permainan yang saya mainkan. Orang dewasa sudah mengerti itu, jadi bermain game hanyalah cara untuk menghabiskan waktu.

Hal ini membuat mereka malas untuk melakukan apapun dan ketakutan mereka menjadi sifat yang melekat pada diri mereka. Sifat ini sangat buruk dan jangan sampai terjadi. Ini membuat Anda menjadi orang yang tidak suka bersosialisasi.

Kondisi ini mempengaruhi banyak orang dan sangat berbahaya bagi kehidupan sosial. Biasanya, orang seperti itu sulit mencari pekerjaan, dll.

Kotak Gacha yang Banyak

Game Free Fire juga memiliki loot box yang bisa atau harus mewajibkan menggunakan uang tunai atau berlian. Lootbox adalah fitur game di mana Anda membeli kotak yang secara acak dapat memberi Anda item dengan harga yang ada.

Ini mungkin menarik bagi Anda dan membuat Anda ingin membelinya. Tidak murah, tapi strateginya sangat efektif. Seperti MMORPG di mana Anda menghasilkan banyak uang dengan kotak jarahan. Beli item dan dapatkan item acak tentu itu tidak masalah.

Alasan Mengapa Anak Kecil Tidak Boleh Bermain Free Fire

Masalahnya adalah melakukan transaksi dan membeli dengan uang sungguhan. Ini sangat berbahaya, terutama bagi anak di bawah umur. Salah satu contohnya adalah game Fortnite. Banyak anak kecil menggunakan kartu kredit orang tua mereka untuk membeli item tunai dalam game.

Karena berbagai alasan, mereka menggunakan age restriction pada pemain mereka. Oleh karena itu, anak di bawah umur tidak boleh bermain game dengan elemen loot.

Perjanjian Transaksi dan Aturan Game

Dengan memainkan game ini, Anda tanpa sadar menyetujui aturan game online. Oleh karena itu, Anda juga menyetujui aturan bermain game online, seperti batasan usia, transaksi uang, dll. Jika Anda telah setuju untuk melakukan transaksi tetapi mengeluh tentang mendapatkan pengembalian dana, tentunya hal itu tak akan dapat anda lakukan.

Jika Anda adalah orang dewasa, Anda seharusnya sudah mengetahui perjanjian ini dan harus mengetahui risiko apa yang Anda ambil, seperti transaksi keuangan saat membeli uang tunai.

Orang-orang di bawah umur bermain game Free Fire hanya tidak mengerti dan akan terus membeli barang-barang di dalam game tanpa mengetahui risiko yang mereka ambil. Apakah kamu tahu? Beberapa permainan memiliki batasan berapa banyak uang yang dapat Anda belanjakan.

Dengan demikian, Anda hanya dapat membeli sejumlah uang tunai per hari. Ini akan mencegah Anda membuang terlalu banyak uang pada saat yang bersamaan. Tetapi Anda juga setuju untuk berdagang dengan uang sungguhan, bukan? Jadi bukan tugas mereka bagi Anda untuk menangani uang tunai.

Kesimpulan

Game pada dasarnya adalah media hiburan yang dapat menghibur pemainnya. Terdapat banyak sekali genre game, salah satunya yaitu battle royale yang dimiliki oleh Free Fire. Sudah banyak sekali terlahir pemain pemain profesional di dalam game yang satu ini.

Tapi yang menjadi perhatian adalah umur minimal dari pemain. Mengapa demikian, karena game free fire memiliki banyak sekali fitur yang seharusnya tidak untuk anak kecil dibawah 12 tahun. Diatas adalah beberapa alasan mengapa developer free fire menetapkan age restriction terhadap gamenya.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda, dan tetap awasi anak atau teman yang dibawah umur agar tidak terjerumus kedalam negatifnya game online. Sekian terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *