Bagi sebagian orang, laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Laptop digunakan untuk bekerja, bermain game, menonton film, atau bahkan sekadar berselancar di internet. Namun, masalah sering terjadi saat laptop sedang di charge.

Baca juga :

Beberapa pengguna mengeluhkan bahwa laptop mereka nyetrum saat di charge. Apa yang sebenarnya terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Laptop Nyetrum Saat Di Charge

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan laptop nyetrum saat di charge. Beberapa di antaranya adalah:

  • Overheating
    Salah satu penyebab laptop nyetrum saat di charge adalah overheating atau kepanasan. Ketika laptop terlalu panas, sistem pendingin tidak dapat bekerja dengan baik sehingga membuat laptop mati mendadak. Hal ini terjadi karena daya yang dibutuhkan oleh laptop saat di charge lebih besar daripada daya yang dipakai saat laptop sedang dalam keadaan normal. Kondisi ini dapat memicu overheating pada laptop.
  • Baterai yang Rusak
    Baterai laptop yang rusak juga dapat menyebabkan laptop nyetrum saat di charge. Baterai yang rusak akan mengalami penurunan kapasitas daya sehingga tidak dapat menampung daya yang cukup saat di charge. Akibatnya, laptop akan nyetrum atau mati total.
  • Adaptor yang Rusak
    Adaptor atau charger laptop yang rusak juga dapat menyebabkan laptop nyetrum saat di charge. Adaptor yang rusak tidak dapat menghasilkan daya yang cukup untuk mengisi baterai laptop sehingga laptop tidak dapat menyala atau mati mendadak.

Cara Mengatasi Laptop Nyetrum Saat Di Charge

Jika Anda mengalami masalah laptop nyetrum saat di charge, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Bersihkan Kipas Pendingin Laptop
    Kipas pendingin laptop yang kotor dapat menyebabkan laptop mengalami overheating. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan kipas pendingin laptop secara teratur agar laptop tidak nyetrum saat di charge.
  • Ganti Baterai Laptop
    Jika baterai laptop Anda rusak, sebaiknya ganti dengan baterai yang baru. Pastikan memilih baterai yang sesuai dengan merek dan tipe laptop Anda untuk menghindari masalah yang lebih besar.
  • Ganti Adaptor atau Charger Laptop
    Jika adaptor atau charger laptop Anda rusak, segera ganti dengan yang baru. Pastikan memilih adaptor yang sesuai dengan merek dan tipe laptop Anda agar dapat menghasilkan daya yang cukup saat di charge.
  • Gunakan Laptop dengan Benar
    Penggunaan laptop yang salah juga dapat menyebabkan laptop nyetrum saat di charge. Sebaiknya gunakan laptop dengan benar dan sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada manual.

Dengan melakukan beberapa cara di atas, Anda dapat mengatasi masalah laptop nyetrum saat di charge. Namun, jika masalah tetap terjadi, sebaiknya bawa laptop Anda ke tempat servis terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *