Enter atau tombol “Return” adalah salah satu tombol yang sangat sering digunakan pada keyboard laptop. Tombol tersebut sering dipakai untuk mengakhiri baris teks pada dokumen, mengirim pesan pada aplikasi chatting, atau untuk mengkonfirmasi sebuah tindakan pada program yang sedang berjalan.

Namun, terkadang tombol “Enter” pada laptop mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik. Hal ini tentu akan sangat mengganggu produktivitas pengguna. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa alternatif pengganti enter di laptop yang bisa digunakan.

1. Menggunakan Tombol Kombinasi

Salah satu alternatif pengganti enter di laptop adalah dengan menggunakan tombol kombinasi. Tombol kombinasi merupakan kombinasi dari dua atau lebih tombol yang digunakan untuk menggantikan fungsi tombol tertentu.

Pada keyboard laptop, tombol kombinasi untuk mengganti fungsi tombol “Enter” adalah “Ctrl + M”. Ketika tombol tersebut ditekan, maka akan menghasilkan output yang sama seperti ketika tombol “Enter” ditekan.

2. Menggunakan On-Screen Keyboard

Jika tombol “Enter” pada keyboard laptop mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, maka alternatif pengganti enter di laptop yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan on-screen keyboard.

Baca juga :

On-screen keyboard atau keyboard virtual adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan keyboard pada layar komputer atau laptop. Dengan menggunakan on-screen keyboard, pengguna bisa mengakses tombol “Enter” tanpa menggunakan tombol keyboard laptop yang bermasalah.

3. Menggunakan Mouse atau Touchpad

Alternatif pengganti enter di laptop yang terakhir adalah dengan menggunakan mouse atau touchpad. Caranya sangat mudah, cukup arahkan kursor ke tombol “OK”, “Submit”, atau tombol yang serupa pada aplikasi atau program yang sedang digunakan.

Kemudian, klik tombol kiri pada mouse atau tap pada touchpad untuk menghasilkan output yang sama seperti ketika tombol “Enter” ditekan.

Kesimpulan

Jadi, jika tombol “Enter” pada laptop mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik, jangan khawatir karena masih ada beberapa alternatif pengganti enter di laptop yang bisa digunakan. Alternatif tersebut antara lain menggunakan tombol kombinasi, on-screen keyboard, atau menggunakan mouse atau touchpad.

Dengan menggunakan alternatif pengganti enter di laptop tersebut, produktivitas pengguna tidak akan terganggu dan pekerjaan bisa tetap dilakukan dengan lancar.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *