Wesel Tagih dan Wesel Bayar merupakan dua instrumen yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan, keduanya dapat menjadi alat untuk melakukan pembayaran atau penerimaan uang. Meskipun keduanya sama-sama berfungsi sebagai alat untuk pembayaran, namun keduanya juga memiliki perbedaan. Perbedaan ini dapat dilihat dari segi tanggung jawab, bentuk, dan fungsi.

Tanggung Jawab

Untuk Wesel Tagih, tanggung jawab atas pembayaran terletak pada penerbitnya. Artinya, penerbit harus memastikan bahwa pihak yang ditagih telah membayar jumlah uang yang ditetapkan pada wesel tagih tersebut. Sementara itu, untuk Wesel Bayar, tanggung jawab atas pembayaran berada pada pemegang wesel. Artinya, pemegang wesel harus membayar jumlah uang yang tertulis di wesel bayar tersebut.

Baca juga :

Bentuk

Wesel Tagih dicetak dan ditandatangani oleh penerbitnya. Setelah itu, wesel tagih dapat diberikan kepada pihak yang ditagih. Sementara itu, wesel bayar dapat diberikan dalam bentuk apa pun, seperti cek, transfer bank, dan lainnya. Wesel bayar ini tidak perlu diterbitkan secara resmi dan dapat diberikan langsung kepada penerimanya.

Fungsi

Fungsi utama dari Wesel Tagih adalah untuk melakukan penerimaan uang. Wesel tagih ini hanya dapat diterima oleh pihak yang ditagih. Sementara itu, fungsi utama dari Wesel Bayar adalah untuk melakukan pembayaran. Wesel bayar ini dapat diterima oleh siapa saja yang menerimanya.

Penerimaan Uang

Penerimaan Uang

Wesel Tagih dapat digunakan untuk mencatat penerimaan uang dari pihak yang ditagih. Penerima dapat menggunakan wesel tagih ini sebagai bukti penerimaan uang. Sementara itu, Wesel Bayar tidak dapat digunakan untuk mencatat penerimaan uang, karena wesel bayar hanya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran.

Pembayaran

Pembayaran

Wesel Tagih tidak dapat digunakan untuk melakukan pembayaran, karena wesel tagih hanya dapat digunakan untuk mencatat penerimaan uang. Sementara itu, Wesel Bayar dapat digunakan untuk melakukan pembayaran. Pemegang wesel bayar harus menggunakan wesel bayar untuk membayar jumlah uang yang tertulis di wesel bayar tersebut.

Jangka Waktu Pembayaran

Wesel Tagih memiliki jangka waktu pembayaran yang lebih lama dibandingkan dengan wesel bayar. Jangka waktu pembayaran wesel tagih adalah selama 90 hari, sementara jangka waktu pembayaran wesel bayar hanya 30 hari. Oleh karena itu, jika Anda ingin membayar jumlah uang yang besar, lebih baik untuk menggunakan wesel tagih.

Catatan Keuangan

Wesel Tagih dan Wesel Bayar dapat digunakan untuk mencatat transaksi keuangan. Penerbit wesel tagih harus mencatat penerimaan uang dari wesel tagih yang telah diterbitkan. Sementara itu, pemegang wesel bayar harus mencatat pembayaran yang telah dilakukan dengan wesel bayar.

Kesimpulan

Wesel Tagih dan Wesel Bayar memiliki perbedaan dari segi tanggung jawab, bentuk, dan fungsi. Wesel Tagih adalah instrumen yang digunakan untuk mencatat penerimaan uang, sementara wesel bayar adalah instrumen yang digunakan untuk melakukan pembayaran. Jika Anda ingin mencatat transaksi keuangan, Anda dapat menggunakan salah satu dari kedua instrumen ini.

Beri Bintang

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *